Vitamin Penambah Berat Badan Anak

Vitamin Penambah Berat Badan Anak - Berdasarkan angka kecukupan gizi untuk orang Indonesia, balita usia 1 sampai 3 tahun berat badannya ya...

Vitamin Penambah Berat Badan Anak - Berdasarkan angka kecukupan gizi untuk orang Indonesia, balita usia 1 sampai 3 tahun berat badannya yang normal ialah 12 kg. Sedangkan berat badan yang normal pada usia 13 bulan ialah 9 sampai 10 kg. Dari standar gizi tersebut, apakah gizi anda sudah tercukupi? Bila belum maka anda harus memperhatikan kebutuhan nutrisi dan energi anak anda agar berat badannya dapat bertambah. 

Untuk kebutuhan nutrisi si kecil, bunda dapat mendapatkannya dari makanan seperti nasi, roti, kentang, mie dan pasta yang aman untuk dikonsumsi si kecil dan berguna untuk menambah tenaga serta bisa memberikan rasa kenyang. Mie juga aman dikonsumsi namun jangan terlalu sering memberikannya, karena jika mengkonsumsi secara berlebihan setiap hari akan berdampak buruk bagi lambung si kecil. Kemudian bunda juga jangan lupa untuk memberikan si kecil protein dari lauk hewani dan nabati. Lauk hewani seperti telur, daging sapi, daging ayam, susu, bebek dan ikan. Dan lauk nabati seperti tempe, tahu, kacag hijau, kacang merah, kacang kedelai dan susu kedelai. Protein dari lauk hewani dan nabati sangat berguna bagi pertumbuhan anak bunda, sistem imun serta antibody.
Baca Juga : Menu Makanan Bayi 1 Tahun | Paling Tepat

Vitamin Penambah Berat Badan Anak

Sedangkan untuk asupan mineral dan vitamin, bunda dapat mendapatkannya dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Buah-buahan bermanfaat sebagai pengatur dan pelidung serat. Dan terakhir yang sangat dibutuhkan juga oleh si kecil yaitu lemak yang berguna sebagai sumber energi dan zat pelarut vitamin A, D, E, K.

Nah, berikut ini beberapa vitamin yang selain berguna bagi kesehatan si kecil, juga dapat menambah berat badannya, seperti:


Vitamin A

Vitamin A sering terkenal fugsinya dalam menjaga kesehatan mata, juga membuat tubuh sehat. Vitamin A sangat mudah larut dalam jaringan lemak. Fungsi lain dari vitamin A yaitu memperkuat tulang, menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin A juga dapat menambah berat badan buah hati bunda jika dikonsumsi dengan rutin dan teratur. Sumber vitamin A meliputi susu, hati, rajungan, kepiting, apel, jambu mete, jambu biji, rumput laut, wortel dan masih banyak lagi.

Vitamin B kompleks

Vitamin B merupakan vitamin yang larut dalam air serta memainkan peranan penting dalam metabolisme tubuh. Selain membantu dalam memproduksi energi, vitamin B juga berguna untuk fungsi otak, regulasi gula darah dan kesehatan kulit. Anak yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B akan membuat berat badannya bertambah. Contoh makanan yang banyak mengandung vitamin B yaitu beras merah, kacang, bayam, daging sapi, salmon liar, jamur, telur, ayam, alpukat, ubi jalar, kentang, pisang dan sebagainya. 

Zat zinc 

Zat zinc atau seng sangat dibutuhkan tubuh dalam proses penyatuan protein serta nucleid acid. Memberikan buah hati dengan makanan yang mengandung banyak zat seng berarti membantunnya dalam proses penambahan berat badan. Makanan sehat yang banyak mengandung zat seng contohnya daging, susu, seafood, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan masih banyak lagi. 

Related

Tips Sehat Balita 2516633156565658960

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item