Obat Demam Tradisional Untuk Balita Dan Anak

Obat Demam Tradisional Untuk Balita Dan Anak - Orang tua mana yang tidak panik jika melihat si kecil sakit demam. Anda juga mungkin akan l...

Obat Demam Tradisional Untuk Balita Dan Anak - Orang tua mana yang tidak panik jika melihat si kecil sakit demam. Anda juga mungkin akan langsung kebingungan jika mengetahui balita anda sedang sakit, terlebih demam yang tak kunjung reda. Demam merupakan suatu kondisi suhu tubuh yang melebihi 37 derajat celcius. Demam juga sebagai gejala awal akan adanya gangguan dalam tubuh, dapat berupa peradangan atau atau pun infeksi sebuah virus, kuman dan bakteri. 

Obat Demam Tradisional Untuk Balita Dan Anak

Demam yang tinggi bila tidak segera diatasi dapat berakibat fatal bagi tubuh. Karena itu, sebagai orang tua, anda diharapkan dapat memberikan solusi atau pertolongan pada anak anda dengan cermat. Jangan sembarangan memberikan si kecil obat berbahan kimia. Usahakan untuk menggunakan obat tradisional untuk menurunkan demam sebagai langkah awal sebelum anda pergi ke dokter.

Pemanfaatan obat tradisional dari tanaman herbal sudah lumayan marak di Indonesia. Mulai dari pembuatan untuk dikonsumsi pribadi hingga diproduksi lebih banyak untuk dipasarkan. Nah, anda dapat memilih dan melihat obat herbal mana yang cocok buat si kecil. Jika masih bingung, tidak ada salahnya mencoba meramu sendiri obat tradisional tersebut. Berikut tanaman yang dapat anda jadikan sebagai obat tradisional untuk menurunkan demam si kecil:

Bawang Merah

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, ternyata bawang merah juga dapat dijadikan obat tradisional untuk menurunkan demam anak anda. Oleh nenek moyang kita, sejak dahulu tanaman ini telah dimanfaatkan sebagai penolong pertama jika bayi atau balita terserang demam. Hal ini karena bawang merah mempunyai senyawa minyak atsiri, metilaliin, sikloaliin, floroglusin dan kuersetin. Semua kandungan tersebut dapat menurunkan panas pada bayi atau balita anda.

Cara mengolahnya cukup dengan mengupas 5 siung bawang merah, kemudian dirajang dengan halus. Lalu tambahkan minyak kelapa. Terakhir, lumuri tubuh anak anda dengan ramuan tersebut dan biarkan beberapa jam. Lambat laun panas di tubuhnya akan mereda.

Kunyit

Jika si kecil terserang demam, sebenarnya anda tidak perlu khawatir, karena anak anda sudah mampu mengkonsumsi makanan dari luar, salah satunya obat-obatan. Namun, alangkah baiknya jika tidak memberikan sembarang obat penurun panas pada balita, terutama yang berbahan kimia. Manfaatkanlah tanaman di sekitar anda yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk penurun panas si kecil. 

Obat Demam Tradisional Untuk Balita Dan Anak

Kunyit merupakan salah satu alternatif yang dapat dijadikan obat tradisional penurun panas, karena kandungan senyawa pada kunyit seperti minyak atsiri, curcumin, zingiberen dan turmeron, dapat berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, juga antibakteri yang dapat menurunkan panas pada anak dan balita.

Parut kunyit ukuran satu ruas jari, lalu campurkan dengan setengah gelas air panas. Tunggu hingga dingin, kemudian peras. Ambil air perasan kunyit tadi, lalu ditambahkan dengan madu dan perasan jeruk nipis. Minum dengan rutin hingga demam mereda.

Related

Tips Sehat Balita 58875307009294562

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item