Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Balita

Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Balita - Sudah tidak bisa dielakkan lagi bahwa kemajuan teknologi dan komunikasi khususnya ponsel saa...

Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Balita - Sudah tidak bisa dielakkan lagi bahwa kemajuan teknologi dan komunikasi khususnya ponsel saat ini sangat meluas. Siapa pun dapat memilikinya, oang dewasa bahkan anak-anak juga tak mau ketinggalan, dari yang kaya hingga orang biasa juga dapat memiliki ponsel tersebut. Tapi, tahukah bunda bahwa rdiasi dari ponsel berbahaya bagi kesehatan si kecil?
Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Balita

Untuk menghantarkan data atau suara dari satu ponsel ke ponsel lainnya memerlukan jaringan sinyal yang disebut gelombang elektromagnetik, gelombang ini lah yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, khususnya anak-anak dan balita. Karena anak usia di bawah 8 tahun pertumbuhan organ-ogannya masih belum sempurna.

Beberapa penelitian meyakinkan bahwa bahaya radiasi ponsel dapat menimbulkan beberapa gangguan fungsi otak, seperti sering mengalami sakit kepala, rusaknya DNA sel otak, serta beberapa kasus tumor otak. Nah, setelah mengetahui akan dampak radiasi ponsel bagi kesehatan anak, bunda pasti was-was dan khawatir menggunakan ponsel dekat dengan anak. Tapi, tenang bunda, hal tersebut dapat dicegah dengan mengurangi dampak radiasi ponsel sepert:
  1. Jika bunda berada dekat anak, maka jangan gunakan ponsel sesering mungkin, gunakan sesekali saja jika diperlukan, atau lebih baik lagi non aktifkan ponsel bunda agar si kecil aman dari radiasi ponsel.
  2. Jika bunda sedang menerima telpon saat sedang bersama si kecil, maka gunakanlah loudspeaker.
  3. Usahakan menaruh ponsel bunda jauh dari badan, terutama badan si kecil, dan jangan menempel pada badan, misalnya dipegang atau dikantongi.
  4. Radiasi lebih banyak dipancarkan saat bunda sedang mengirim sms atau menelpon daripada menerima sms atau telpon, maka dari itu minimalkan menelpon serta mengirim sms.
  5. Minimalkan juga menelpon, lebih baik gunakan sms sebagai alternatif, karena radiasi saat menelpon lebih kuat ketimbang sms.
  6. Jangan gunakan ponsel bunda saat sinyal sedang lemah dan ketika baterai low, karena radiasi yang dipancarkan akan semakin kuat pada area atau tempat dengan sinyal yang lemah.
  7. Jika anak memegang ponsel, atau rewel ingin main game yang ada di ponsel, maka matikanlah sinyalnya.
  8. Bagi ibu yang sedang hamil atau menyusui, kurangi penggunaan ponsel, hal tersebut untuk menjaga kesehatan bayi dan janin.
  9. Jangan menggunakan ponsel di ruang tertutup, misalnya saat di lift, mobil, atau ruangan dengan ventilasi kecil. Radiasi bisa terjadi saat ponsel mencoba mencari atau menciptakan koneksi pada sinnyal. 
  10. 1Saat menggunakan bluetooth, menjauhlah dari si kecil atau pindah dari satu sisi ke sisi lainnya, untuk menghindari radiasi yang mengumpul pada satu sisi. Radiasi bluetooth tetap memiliki resiko meskipun lebih rendah dari radiasi ponsel.
Begitulah bunda lagkah-langkah yang aman penggunaan ponsel agar si kecil dan juga bunda terhindar dari radiasi, karena efek radiasi sangat merugikan kesehatan terutama bagi anak. Penggunaan ponsel berlebih juga dapat membuat anak menjadi pasif.

Related

Tips Sehat Balita 2855767103863394537

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item