Tips Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala Balita

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala Balita - Sebagai orang tua yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, memang ...

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala Balita - Sebagai orang tua yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, memang sudah seharusnya memperhatikan hal-hal yang dibutuhan dan tidak oleh si kecil. Seperti halnya memperhatikan perlengkapan mandi si kecil. Biasanya kita menyediakan perlengkapan mandi bayi yang terpilih dan bermerek khusus untuk balita. Juga menyediakan sabun khusus balita dan odol khusus balita. Semua itu dilakukan untuk memastikan supaya si kecil aman dan nyaman. 
Tips Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala Balita
Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut adalah bagian tubuh yang paling atas dan paling kelihatan, sehingga sangat rentan terkena kotoran. jika kebersihan rambut balita tidak dirawat dan dijaga, maka akan menyebabkan berbagai masalah dan gangguan pada rambut dan kulit kepala termasuk salah satunya ketombe dan kutu rambut. Membiasakan si kecil untuk keramas memang tidaklah mudah, kebanyakan balita tidak suka terkena percikan air di wajah dan matanya. 

Agar lebih mudah dalam mengeramasi si kecil, kita bisa mengeramasinya saat ia berendam. Gunakan selang atau semprotan untuk menyiram rambut balita dengan posisi kepalanya yang agak menengadah. Ciptakan juga suasana yang menyenangkan selama keramas, dan yang terpenting adalah jangan paksa anak jika ia menolak untuk keramas, tapi lakukan pelan-pelan sambil membujuknya sampai ia mau sendiri. Jika bunda tetap memaksanya, maka akan menjadikan waktu keramas saat-saat yang menyiksa dan membosankan baginya. 

Rambut dan kulit kepala balita tidak terlalu jauh berbeda dengan orang dewasa, namun tetap disarankan menggunakan sampo yang khusus untuk balita atau anak-anak. Dibandingkan jenis sampo khusus untuk bayi, sampo untuk balita umumnya mempunyai ragam warna dan wangi, serta kemasan yang lebih beragam atu variatif dengan tujuan menarik perhatian si kecil hingga ia mau menggunakannya.

Ada beberapa sampo yang tidak cocok di kepala balita sehingga mengakibatkan alergi atau iritasi, dikarenakan salah satu komponen atau kandungan yang ada dalam sampo tersebut. bila kulit kepala balita dan daerah sekitar rambutnya mengalami pembengkakan atau kemerahan setelah keramas, besar kemungkinan ia alergi atau sensitif terhadap komponen yang ada dalam sampo. Jika seperti itu, maka hentikan pemakaian produk sampo tersebut.

Jika rambut si kecil agak panjang, sisirlah rambutnya secara teratur terlebih setelah mandi dan keramas agar tidak kusut. Jika ingin mengepang rambutnya, maka lakukan setelah rambutnya kering serta dengan perlahan dan hati-hati, karena dapat menyebabkan rambut rontok dan patah. 

Bila jenis rambut balita keriting, bunda dapat menggunakan pelembab atau hair conditioner agar rambutnya tidak kusut. Hindari menggosok rambut dengan handuk setelah keramas dengan maksud untuk mengeringkan rambut, karena rambut akan menjadi kusut. Gunakan juga pelambab rambut yang berbentuk sepray serta sisir dengan gigi jarang untuk menghindari rambut kusut. 

Selain perawatan kesehatan rambut dari luar, disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral yang banyak untuk pertumbuhan rambut balita, seperti vitamin A dan C, omega 3, zat besi, dan zinc, yang terdapat banyak dalam telur, sayuran hijau, ikan salmon, susu, dan kacang-kacangan.

Related

Tips Sehat Balita 7128130663486132891

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item