Telanjang Kaki Baik Untuk Balita

Telanjang Kaki Baik Untuk Balita - Bertelanjang kaki atau tanpa menggunakan alas kaki ternyata memiliki manfaat positif bagi buah hati yan...

Telanjang Kaki Baik Untuk Balita - Bertelanjang kaki atau tanpa menggunakan alas kaki ternyata memiliki manfaat positif bagi buah hati yang sudah bisa berjalan. Menggunakan alas kaki baik itu sandal atau sepatu secara terus menerus justru tidak baik. Ada waktunya balita dibiarkan berjalan dengan telanjang kaki. Berikut ini beberapa manfaat tidak menggunakan alas kaki atau bertelanjang kaki bagi balita, khususnya untuk balita yang baru bisa berjalan.

Telanjang Kaki Baik Untuk Balita

• melatih kepekaan gerak (sensor motorik) balita
ketika anak anda berjalan dengan tidak menggunakan alas kaki, telapak kakinya mengalami kontak langsung dengan yang dipijaknya, contohnya lantai. Pada saat tersebut anak akan merasakan permukaan lantai secara langsung melalui telapak kakinya. Ini akan membuat sensor pada kulit kakinya menjadi lebih peka terhadap benda yang dipijaknya. Hal seperti ini tidak didapatkan bila si kecil mengenakan sepatu atau alas kaki lain. Selain berlatih jalan tanpa alas kaki di atas lantai, bunda juga dapat mengajaknya berjalan di atas pasir, tanah dan rerumputan tanpa mengenakan alas kaki. Dengan tanpa alas kaki, penyesuaian gerakan kaki juga akan lebih adaptif.

• Melancarkan sirkulasi darah
Di saat telapak kai bersentuhan langsung dengan permukaan lantai atau tanah, otot-otot kaki anak anda akan aktif sehingga fungsi sirkulasi darah meningkat. Hal ini sangat membantu aktivitas memompa darah kembali ke jantung.

• Mencegah agar tidak berkumpul di kaki
Ketika anak bertelanjang kaki dan kakinya bersentuhan langsung dengan permukaan yang dipijaknya, ini akan mencegah pengumpulan darah di telapak kaki. Pasalnya, semua bagian di telapak kaki selalu digunakan dengan aktiv untuk beraktivitas.

• Meluruskan jari kaki
Di masa-masa pertumbuhan anak, telanjang kaki bisa membantu mencegah terjadinya perubahan bentuk kaki dan juga untuk meluruskan jari-jari kaki anak, serta membantu meningkatkan kekuatan fleksor.
  • Gerakan menekan, mendorong dan meregang pada jari kaki akan lebih kuat bila balita terbiasa tidak memakai alas kaki. Seperti dalam penelitian Institute of Chirophodists and Podiatrists.
  • Telapak kaki balita menjadi lebih kuat karena secara kulitnya akan menebal.
Meskipun telanjang kaki memilik manfaat positif yang banyak bagi balita, tetapi sebaiknya anda juga harus memperhatikan semua aktivitasnya dengan baik. Selalu pastiikan area berpijak balita tempat dia beraktivitas tidak terdapat benda yang berbahaya sehingga jika terinjak akan melukai kakinya. Berjalan tanpa mengenakan alas kaki tidak harus dilakukan terus menerus, karena ini hanya untuk melatih balita supaya sensornya lebih peka. Jika si anak beraktivitas atau bermain di luar rumah dengan bertelanjang kaki atau tanpa alas apapun, selalu cuci kakinya hingga bersih dengan sabun setelah usai bermain agar kuman dan kotoran tidak menempel di kaki anak anda.

Related

Tips Sehat Balita 6333935364066922043

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item