Pilihan Makanan Sehat Saat Balita Terkena Diare

Pilihan Makanan Sehat Saat Balita Terkena Diare - Kondisi kesehatan bayi memang harus diperhatikan, karena bayi sangat sensitif dan rentan...

Pilihan Makanan Sehat Saat Balita Terkena Diare - Kondisi kesehatan bayi memang harus diperhatikan, karena bayi sangat sensitif dan rentan terhadap suhu dan cuaca yang sering berubah. Perubahan kondisi bayi dari keadaan biasanya sering membuat bunda cemas. Begitupun saat bayi mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Pada dasarnya diare bukanlah penyakit, tetapi lebih tepat suatu kondisi karena keracunan makanan. Bahkan beberapa bayi bisa terkena diare kronis yaitu diare yang berulang-ulang yang dapat mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi. Biasanya anak yang terkena diare juga disertai dengan muntah. Meskipun sudah biasa terjadi, namun jika dibiarkan saja maka akan mengganggu kesehatan anak yang lebih kronis. 

makanan sehat untuk balita
makanan sehat untuk balita

Bagi balita yang sedang terkena diare bunda dapat berikan pertolongan pertama seperti larutan oralit agar balita tidak mengalami dehidrasi, terlebih lagi jika diare disebabkan oleh keracunan makanan maka oralit sangat berguna bagi balita. Selain memperhatikan hal pertama yang dilakukan ketika balita terkena diare, bunda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya agar diarenya tidak bertambah parah dan dapat disembuhkan. Makanan sehat untuk balita yang terkena diare yang dapat bunda pilih adalah seperti di bawah ini:
  1. Makanan yang mudah dicerna, ditelan dan diserap oleh sistem pencernaan si kecil. Sebagai contohnya bunda dapat memilih bubur atau tim.
  2. Pilihlah makanan yang mengandung pectin, yang berguna membantu menyerap air. Makanan yang mengandung pectin misalnya adalah apel, wortel, pisang, apricot dan kentang. Jika balita susah untuk memakan buah dan sayur tersebut, bunda bisa mengolahnya menjadi sup buah atau sup sayur dengan tambahan bahan lainnya.
  3. Buatlah jus buah dengan buahan yang bersifat netral bagi ukuran balita, tidak terlalu manis, kecut dan asam, contohnya melon untuk menghindari cairan hilang lebih banyak. 
  4. Jika memasak makanan untuk belita, bunda jangan menambahkan asam, merica atau rempah-rempah lain yang berbau menyengat, karena dapat memperparah kondisi kesehatan balita. 
  5. Hindari memberikan balita makanan dengan kandungan serat tinggi, misalnya kubis dan mangga yang dapat merangsang gas dalam perut balita. 
  6. Hindari juga memberikan balita makanan yang berlemak seperti coklat, santan dan es cream karena akan membuat pencernaannya semakin memburuk. 
  7. Bunda dapat membuat catatan untuk memonitor makanan yang dikonsumsi balita, sehingga bunda dapat mengetahui jenis makanan dan minuman yang cocok untuk buah hati bunda. Jika ada makanan dan minuman tidak cocok untuk balita anda sehingga menyebabkan ia mual dan muntah, maka bunda dapat menghentikan pemberian makanan tersebut untuk selanjutnya.
Yang bunda harus perhatikan adalah ketika anak terkena diare dia akan kekurangan cairan, maka untuk mengurangi resiko tersebut sebaiknya anak bunda dibawa ke dokter untuk diperiksa. Selain itu, tidak saja makanan saat balita menderita diare yang harus bunda perhatikan, tapi juga pola makan untuk selanjutnya agar tidak kecolongan lagi balita bunda terkena diare.

Related

Tips Sehat Balita 3590296200557645164

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item