Tips Aman Mengatasi Demam Pada Balita

Tips Aman Mengatasi Demam Pada Balita - Demam bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan gejala suatu penyakit. Misalnya disebabkan batuk, ...

Tips Aman Mengatasi Demam Pada Balita - Demam bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan gejala suatu penyakit. Misalnya disebabkan batuk, diare, pilek, radang tenggorokan, infeksi saluran pernafasan, dan infeksi lain pada saluran pencernaan. Sebagian besar para orang tua langsung panik ketika anaknya mengalami demam, terutama balita karena kondisi balita lebih lemah dan sensitif dibandingkan anak usia lima tahun ke atas.
tips mengatasi demam pada balita
tips mengatasi demam pada balita

Demam merupakan mekanisme tubuh dalam melawan suatu infeksi atau penyakit yang biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, dan sebagainya. Seorang anak dapat dikatakan demam jika suhu tubuhnya diatas batas normal, suhu tubuh normal yaitu 37,2 derajat celcius ke bawah. Demam ini dapat dilihat dari menaiknya suhu tubuh atau tubuh menjadi lebih panas dari suhu biasanya, kadang-kadang disertai juga dengan keadaan badan yang menggigil. 

Infeksi yang terjadi pada anak biasanya karena bakteri atau virus. Contoh adanya demam ketika anak menderita pilek atau flu. Ketika virus muncul, tubuh sebenarnya melakukan perlawanan. Antibiotik yang biasa bunda berikan tidak dapat membunuh virus karena antibiotik bukanlah obat flu. Dari itu, bunda tidak perlu memberikan antibiotik pada balita yang sedang demam disebabkan oleh virus seperti sakit flu. Suhu tubuh panas balita lah yang akan membantu mencegah menyebarnya virus ke seluruh tubuh. 

Jika ketika demam suhu tubuh anak bunda masih dibawah 39 derajat selsius, maka umumnya anak tidak akan kejang, terlalu rewel, atau terjadi muntah. 

Beberapa upaya bunda yang aman yang dapat dilakukan untuk mengatasi demam pada balita adalah sebagai berikut :
  • Pantaulah suhu tubuh anak secara berkala menggunakan termometer yang khusus untuk anak.
  • Berilah cairan yang cukup seperti cairan oralit kepada anak bunda untuk menghindari terjadinya dehidrasi.
  • Berikan anak asupan gizi yang seimbang agar daya tahan tubuhnya lebih kuat.
  • Perhatikan juga sirkulasi udara dalam ruangan agar tidak pengap atau terlalu dingin.
  • Berikan obat penurun demam pada anak, jika suhu tubuhnya melebihi 38 derajat selsius. Apabila suhu tubuhnya sudah kembali normal, maka bunda dapat menghentikan pemberian obat.
  • Kompreslah anak bunda dengan air hangat, apalagi jika suhu tubuhnya mencapai 39 derajat selsius. Kompresan dapat diletakkan di atas dahi, perut, lipatan ketiak atau paha anak. Air hangat berfungsi membuat pembululuh darah di tepi kulit melebar dan dapat membuka pori-pori tubuh. Sehingga akan mempercepat terjadinya penguapan.
  • Yang terakhir adalah bunda harus membawa segera anak ke dokter jika demam belum juga turun.
Selain harus megetahui cara aman dalam mengatasi demam untuk buah hati, bunda juga harus lebih tau hal-hal yang dapat mencegah agar tidak terjadi demam, ataupun demam yang berkelanjutan. Perhatikan pola makan, aktivitas balita, juga suhu dan cuaca, karena tubuh balita masih sensitif terhadap hal-hal dari luar yang masih sulit diterima oleh tubuh.

Related

Tips Sehat Balita 1653986926128069824

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item