Menjaga Kesehatan Telinga Balita

Menjaga Kesehatan Telinga Balita - Kesehatan telinga balita atau anak termasuk hal penting yang wajib diperhatikan oleh orang tua. Sebab j...

Menjaga Kesehatan Telinga Balita - Kesehatan telinga balita atau anak termasuk hal penting yang wajib diperhatikan oleh orang tua. Sebab jika kesehatan telinga anak kurang diperhatikan, maka dapat menyebabkan telinga tersumbah oleh tumpukan kotoran, hingga dapat mengganggu pendengaran si kecil. 
Menjaga Kesehatan Telinga Balita
Menjaga Kesehatan Telinga Balita

Yang harus menjadi perhatian berikutnya yaitu bagaimana caranya membersihkan telinga balita tersebut. Jangan sampai ketika ingin membersihkan telinga balita namun caranya salah, maka malah akan membuat telinga balita mengalami luka atau infeksi.

Dari itu, sebagai orang tua, haruslah mengerti bagaimana caranya menjaga kesehatan telinga anaknya salah satunya yaitu dengan membersihkannya. Membersihkan telinga balita harus dilakukan dengan cara yang lembut dan halus agar tidak melukai telinga balita yang masih rentan atau sensitif.

Anda dapat membersihkan telinga anak anda dengan cotton bud yang berukuran kecil sesuai denga lubang telinga balita dan yang sangat halus bahannya. Jika anda menemukan kotoran yang sudah kering, maka gunakanlah minyak kelapa atau minyak yang dijual di pasaran, contohnya baby oil. Yang perlu di perhatikan bahwa pemberian minyak hanya pada ujung cotton bud, bukan dengan cara diteteskan kelubang telinga balita. Karena akan menyumbat telinga balita. 

Saat membersihkan telinga balita, upayakan lakukan dengan sangat lembut dan halus. Dan jangan sampai memasukkan cotton bud terlalu dalam hingga ke liang telinga. Cukup oleskan cotton bud dengan lembut ke bagian cuping telinga dan bagian luar liang telinga.

Untuk kotoran yang terletak dalam liang telinga, maka orang tua tidak perlu khawatir mengenai hal itu, karena kotoran telinga tersebut akan keluar dengan sendirinya. Saat balita mengunyah makanan, kotoran akan keluar secara lambat. Gerakan rahang anak ketika makan akan mendorong kotoran yang ada di bagian dalam liang telinga keluar, dengan begitu kotoran akan dengan mudah terjangkau oleh cotton bud dan dapat dibersihkan.

Jadi memang sangat tidak disarankan untuk membersihkan telinga hingga ke bagian liang atau bagian dalam telinga. Karena hal ini justru akan mendorong kotoran masuk lebih dalam lagi ke liang telinga.

Juga untuk tidak membersihkan telinga terlalu bersemangat dengan menggunakan tenaga orang tua yang kuat, meskipun hanya mebersihkan bagian cuping atau telinga bagian luar. Tetaplah dengan cara halus dan lembut, karena goresan yang tidak sengaja dilakukan akibat membersihkan telinga ini, dapat melukai telinga anak dan membuat bekas pada telinganya. 

Membersihkan telinga balita harus dilakukan dengan cermat dan juga rutin. Bila tidak maka akan membuat kotoran mengeras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Dalam keadaan seperti itu, maka kotoran yang menumpuk tersebut hanya bisa dikeluarkan dengan bantuan dokter spesialis THT. 

Oleh karena itu mom and dad, selalu perhatikan kesehatan telinga si kecil dengan cermat dan teliti ya. 

Related

Tips Sehat Balita 6093495980792551198

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item