Tanda -Tanda Seorang Balita Sehat Dan Cerdas

Tanda -Tanda Seorang Balita Sehat Dan Cerdas - Merupakan dambaan setiap orang tua memiliki balita yang sehat dan cerdas. Jika seorang bali...

Tanda -Tanda Seorang Balita Sehat Dan Cerdas - Merupakan dambaan setiap orang tua memiliki balita yang sehat dan cerdas. Jika seorang balita cerdas maka sebagai orang tua yang telah merawatnya sedari kecil akan bahagia karena berharap hal itu akan menjadi bekal ketika ia dewasa. 

Tanda-Tanda Seorang Balita Sehat Dan Cerdas
Seorang Balita Sehat Dan Cerdas

Orang tua mana yang tidak senang memiliki balita sehat. Kesehatan juga merupakan perkara nomor satu yang harus didahulukan. Pasalnya usia balita merupakan usia pertumbuhan dan perkembangan yang sangat penting bagi si anak. Jika ada masalah kesehatan atau penyakit pada usia ini, bisa jadi terbawa hingga dewasa. Dari itu, orang tua harus mengetahui tanda-tanda balita yang sehat seperti di bawah ini:
  1. Tanda yang pertama yaitu, balita yang sehat akan lincah, ceria dan aktif dalam bergerak dan bermain. Balita yang sehat tidak akan berhenti bergerak dan berceloteh karena otot-otot tubuhnya lentur, sehingga balita dapat dengan luwes menekuk sendi-sendi tubuhnya.
  2. Balita yang sehat rambutnya kuat dan tidak pernah rontok. Karena jika rambutnya mudah rontok itu berarti ia kekurangan asupan gizi, seperti zinc dan vitamin B kompleks.
  3. Gigi balita yang sehat juga akan tumbuh sehat dan cemerlang. Jika gigi pertamanya belum tumbuh di usia setahun, berarti si balita kekuarangan kalsium. Gusi berwarna merah muda dan tak mudah berdarah. Bila mudah berdarah merupakan indikasi kekurangan vitamin C.
  4. Kulit balita yang sehat akan terlihat bersih, dan bila terjadi luka akan cepat sembuh. Ini berarti bayi tidak mengalami anemia serta tidak kekurangan kalsium.
  5. Balita sehat makan dengan lahap, tidur dengan lelap dan BAB lancar. Makan denga lahap merupakan tanda tidak adanya gangguan pada pencernaannya. Tidur yang berkualitas adalah tidur hingga lelap tanpa merasa ada gangguan dan semacamnya. BAB yang teratur, merupakan indikasi bahwa organ pencernaan balita yang baik.
  6. Bentuk kaki balita yang sehat normal dan bau tubuh yang harum. Jika bentuk kaki balita tampak O atau X sedangkan ia sudah menginjak usia 3 tahun, sebaiknya periksakan ke dokter, karena bisa jadi terdapat gangguan pada kakinya. Jika seorang balita selalu berkeringat atau keringatnya tampak banyak dan bau, maka perlu diwaspadai dan segera periksakan ke dokter, ditakutkan ia mempunyai penyakit. Orang tua lah yang harus memperhatikan kondisi tubuh si anak. Jika dia keringatan setelah bermain atau aktivitas lainnya, segera ganti pakainnya dengan yang baru agar keringat tidak menumpuk hingga dapat menyebabkan penyakit.
  7. Balita yang sehat ialah balita yang jarang sekali berhubungan dengan obat-obatan, klinik atau pun dokter. Ke klinik atau dokter sekali-kali untuk memastikan kesehatnnya, bukan sering ke klinik karena ingin ia sakit atau karena ingin membeli obat.

Related

Tips Sehat Balita 4937710190371371622

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item