Kelebihan Vitamin Bisa Buat Balita Tambah Kurus

Kelebihan Vitamin Bisa Buat Balita Tambah Kurus - Kebanyakan ibu atau orang tua jika ditanya soal vitamin buat anak, akan menjawab bahwa g...

Kelebihan Vitamin Bisa Buat Balita Tambah Kurus - Kebanyakan ibu atau orang tua jika ditanya soal vitamin buat anak, akan menjawab bahwa guna vitamin adalah untuk menambah nafsu makan. Saat berobat ke rumah sakit atau ke klinik, setelah si anak diperiksa, ibunya akan meminta tambahan resep berupa vitamin ke dokternya. Yang lebih parah lagi, banyak juga orang tua yang ingin menambah nafsu makan si anak dengan memberinya banyak vitamin, bahkan berlebihan. Yang harus diketahui adalah bahwa kelebihan vitamin dapat membuat anak makin kurus.

Kelebihan Vitamin Bisa Buat Balita Tambah Kurus

Pemberian vitamin berlebih pada anak-anak khususnya balita, memang harus diwaspadai, karena vitamin-vitamin tersebut dapat tertimbun dalam tubuh balita hingga menimbulkan efek samping, terutama vitamin A, D, E, dan vitamin K, yang semuanya tidak larut dalam air. Kelebihan vitamin A bisa membuat kepala pusing. Bahkan, vitamin yang dapat larut dalam air sekalipun seperti vitamin C, juga jangan sampi diberikan dalam dosis tinggi. Kelebihan vitamin C akan menyebabkan batu ginjal, juga irirtasi pada lambung hingga membuat lambung terasa perih. Terlebih lagi jika diberikan dalam jangka yang lama, anak akan menjadi ketergantungan pada vitamin C, dalam dunia kedokteran disebut rebound. Itulah sebabnya mengapa dokter agak pelit bila diminta resep vitamin walaupun vitamin tersebut dulu sudah pernah ia resepkan pada si kecil. Pasalnya pemberian vitamin pada bayi dan balita tidak dianjurkan untuk seumur hidup.

Umumnya, para orang tua memberikan vitamin pada si kecil dengan tujuan untuk menambah berat badan si anak, karena vitamin dapat menambah nafsu makan. Bahkan, jika diberikan banyak vitamin, akan manjur untuk mengatasi anak yang sulit makan. Padahal, tidak ada satu jenis vitamin pun yang berkhasiat dapat meningkatkan nafsu makan secara langsung. Lagi pula, vitamin yang diberikan atau dianjurkan oleh dokter adalah bukan untuk menambah nafsu makan, tetapi agar asupan gizi balita tidak berkurang. Kecuali jika si kecil kekurangan vitamin B kompleks, akan memberikan dampak kurang nafsu makan. 

Efek lain kelebihan vitamin yaitu dapat menyebabkan iritasi lambung. Akibatnya, malah membuat si kecil tidak mau makan. Jika sudah begitu, bukan malah menambah berat badan, melainkan tubuh menjadi tambah kurus.

Selain itu, orang tua juga harus mengetahui ciri-ciri anak yang kekurangan vitamin, agar tidak salah dalam menilai apakah anaknya kurang vitamin atau tidak. Misalnya dapat dilihat dari matanya, bila di bagian putih mata si anak terlihat keruh, itu berarti ia kekuarangan vitamin A. Jika didiamkan terlalu lama, akan menimbulkan bercak. Jika si kecil tampak kurus dan susah makan, harus dilihat terlebih dahulu penyebab susah makannya, jika karena si kecil tidak suka makan buah dan sayur, berarti ia membutuhkan vitamin C, maka berikanlah ia vitamin C yang cukup.

Related

Tips Sehat Balita 3111005720213413059

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item