Manfaat Madu Bagi Bayi

Manfaat Madu Bagi Bayi - Seperti yang sudah kita ketahui bahwa madu mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tapi yang masih dipe...

Manfaat Madu Bagi Bayi - Seperti yang sudah kita ketahui bahwa madu mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tapi yang masih dipertanyakan adalah apakah madu itu aman bila dikonsumsi oleh bayi?

Sejak zaman dahulu, madu telah dimanfaatkan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Bahkan, di negeri China, madu dimanfaatkan untuk mempermudah proses melahirkan sang bayi. Para ahli di negeri China telah mengungkapkan dan menegaskan bahwa madu bisa mempermudah pembukaan tempat jalan lahir bayi. Hal ini disebabkan karena dalam madu terkandung prostaglandin yang dapat mempercepat proses kontraksi rahim serta mempermudah melebarnya rahim. Dari itu, wanita hamil dan menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi madu oleh karena khasiat dan manfaatnya yang menakjubkan.

Manfaat Madu Bagi Bayi

Nah, madu juga aman dikonsumsi oleh bayi dengan usia di atas enam bulan. Bayi yang baru berumur 0 sampai 6 bulan tidak disarankan diberi asupan makanan apapun termasuk madu, makanan terbaik pada usia tersebut hanyalah ASI.

Setelah usia bayi 6 bulan, barulah bunda dapat memberikan bayi makanan pendamping ASI seperti bubur bayi dan buah-buahan. Bunda juga sudah bisa memberikan sedikit asupan madu untuk bayi. Madu tidak hanya memberikan manfaat kesehatan pada orang dewasa, tapi juga terhadap anak-anak dan bayi. Madu dapat meningkatkan nafsu makan bayi, selain itu manfaat madu lainnya bagi bayi yaitu meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh bayi, sehingga buah hati bunda tidak mudah untuk terserang penyakit seperti batuk, demam, flu dan pilek. 

Madu tidak disarankan untuk diberikan kepada bayi dibawah umur 6 bulan karena bisa membahayakan kesehatannya. Menurut ahli medis di Eropa dan Amerika, bayi yang berumur dibawah 6 bulan sangat disarankan untuk tidak diberikan asupan madu karena bisa mengakibatkan penyakit botulisme. Hal ini bukan karena kandungan dalam madu itu sendiri, melainkan karena madu yang diberikan pada bayi dibawah 6 bulan ditakutkan akan terkontaminasi dengan botulinum, spora C. Diluar itu, manfaat madu memang sangat banyak bagi bayi, seperti meningkatkan perkembangan mata dan otak, meningkatkan daya tahan tubuh dari virus dan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan serta saluran pernafasan bayi. 

Madu merupakan makanan bergizi bagi bayi, madu juga bisa sebagai obat pembersih alat pencernaan bayi serta merupakan makanan yang tergolong lembut untuk bayi. Madu dapat diaplikasikan dengan makanan pokok untuk bayi, seperti buah-buahan dan bubur, hal ini bisa mencegah terjadinya penyakit bayi seperti mules dan mencret, serta penyakit perut lainnya. 

Untuk mengobati batuk, flu, pilek dan demam pada bayi, bunda dapat mencampurkan setengah sendok teh madu asli dengan satu sendok teh air panas. Berikan madu tersebut pada bayi bunda setelah agak dingin. Lakukan hal tersebut dua kali sehari.

Madu juga dapat mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang bayi, sehingga mempercepat tumbuhnya gigi dan mempercepat tumbuh tinggi bayi. Manfaat madu bagi bayi yang paling penting adalah untuk meningkatkan pertumbuhan otaknya sehingga ia dapat dengan cepat mengenali lingkungan sekitarnya.

Related

Tips Sehat Balita 2540971847410307835

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item