Penyebab Keringat Buntet Pada Anak-anak Dan Balita

Penyebab Keringat Buntet Pada Anak-anak Dan Balita - Keringat buntet atau biang keringat adalah bentuk kelainan kulit yang disebabkan kare...

Penyebab Keringat Buntet Pada Anak-anak Dan Balita - Keringat buntet atau biang keringat adalah bentuk kelainan kulit yang disebabkan karena tersumbatnya kelenjar keringat. Dari istilah “tersumbat” inilah orang-orang kemudian menamainya sebagai keringat buntet. Bagian tubuh yang diserang oleh keringat buntet adalah kepala, dada, punggung bahkan muka. Maklumlah, anggota tubuh manusia hampir semuanya itu mengandung kelenjar keringat, kecuali bagian mulut.

Penyebab Keringat Buntet Pada Anak-anak Dan Balita


mulai dari lahir, manusia sudah memiliki kelenjar keringat yang jumlahnya tidak akan berubah karena tidak ada penambahan, bahkan balita dan anak-anak pun dapat terkena keringat buntet karena sudah memiliki kelenjar keringat. Hanya pada bayi yang fungsi kelenjar keringatnya belum sempurna. Karena pada bayi belum ada keringet buntet, maka yang ada hanya biang keringat. 

Tapi, tidak semua bayi mengalami biang keringat, ada juga yang tidak. Kulit bayi sangat rentan, jika kulitnya dirawat dengan baik, tidak bakal terjadi biang keringat. Sama seperti balita dan anak-anak yang dapat mengalami keringat buntet, itu karena kulitnya kurang dirawat dengan baik. 

Biang keringat pada balita dan anak-anak sebenarnya dapat dihindari. Misalkan saja dengan memakaikan baju untuk anak yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, contohnya bahan katun. Model bajunya juga perlu diperhatikan, jangan terlalu ketat meskipun bahannya katun, karena model yang ketat akan lebih mudah untuk berkeringat. Selain itu, perhatikan juga ventilasi ruangan tempat si anak bermain dan istirahat, agar sirkulasi udaranya bagus. 

Nah, ini adalah prinsip-prinsip dasar untuk mengurangi resiko munculnya keringat buntet pada balita dan anak-anak. Bila kedua cara tersebut sudah dilakukan tetapi si anak tetap terkena keringat buntet, bisa jadi hal ini karena kelalaian sang ibu. Misalnya balita berkeringat banyak setelah bermain namun ibu tidak mengganti bajunya dengan segera dan mengeringkan badannya, maka hal ini juga dapat memicu keringat buntet.

Biasanya sang ibu memberikan bedak tabur agar terhindar dari keringat buntut, hal ini tidak dilarang karena bedak dapat menyerap sisa kelembaban yang dapat membuat kulit kering kembali. Jadi jangan khawatir bila ingin memberikan bedak tabur pada si anak, kulitnya tidak akan menjadi kering atau bersisik. 

Dengan bedak tabur juga akan mempercepat pengelupasan kulit yang ditumbuhi keringat buntet. Bedak tabur bisa didapatkan di pasaran, kalau bisa malah lebih bagus mencari bedak tabur yang khusus untuk mengobati keringat buntet, terutama bila keringat buntetnya tetap membandel, maka ibu harus rajin memberikan bedak tabur tersebut. Biasanya bedak tabur yang dijual dipasaran juga mengandung zat tambahan yang berguna mengurangi rasa gatal. 

Bahann lain yang dapat mengurangi rasa gatalnya ialah mentol dan calamine yang keduanya aman untuk balita. Tetapi ada juga yang sudah diberi bedak tabur tapi tidak sembuh-sembuh. Jika hal itu terjadi, maka segera periksa ke dokter. Serahkan tugas tersebut ke dokter, karena dokter akan memberikan resep yang pas sesuai dosisnya juga sesuai jenis kulitnya.

Related

Tips Sehat Balita 2040310545754696947

Post a Comment

Post Video [video]youtube_or_vimeo_video_link[/video]
Post Img [img]your_image_link[/img]

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Connect Us

item